Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Lulusan Darur Rachmad Sibolga Siap Gelar dan Sukseskan Musyawarah Besar (MUBES) ke-3 Alumni Tahun 2023

Perwakilan alumni PTh Darur Rachmad Sibolga diabadikan dengan Kepala MTs dan MA Darur Rachmad Sibolga sesaat setelah ajang silaturrahmi alumni usai di gelar di madrasah tersebut

Sibolga - Belasan alumni Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga menyepakati dilaksanakannya kembali Musyawarah Besar (MUBES) Majelis Ikatan Persaudaraan Alumni (MIPA) Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga pada tahun 2023 ini. Kesepakatan itu diambil dalam ajang silaturrahmi alumni Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga yang dilaksanakan di Komplek Perguruan tersebut, Jalan Aso-Aso, Kelurahan Pancuran Kerambil, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, pada Sabtu sore (21/1/2023)

Silaturrahmi alumni itu sendiri dihadiri 17 perwakilan alumni dari 25 angkatan alumni yang telah berhasil diluluskan oleh Perguruan Islam favorit di Sibolga tersebut.

Panitia ajang silaturrahmi alumni tersebut, Chairul Amin Simamora kepada etalasenasional.com mengatakan, silaturrahmi alumni tersebut menghasilkan dua keputusan penting yaitu kesepakatan bersama dilaksanakannya MUBES MIPA Tahun 2023, dan terbentuknya susunan kepanitiaan MUBES dimaksud yang diketuai oleh Putra dan sekretaris Arya Wirawan.

MUBES MIPA sendiri kata Amin, sebelumnya telah pernah dilaksanakan sebanyak dua kali, masing-masing pada tahun 2002 dan 2012.

"Dan tahun 2023 ini, sebagaimana yang telah kami sepakati bersama tadi adalah sebagai MUBES III MIPA Tahun 2023," ungkap Amin.

Amin menjelaskan. wadah berhimpun alumni Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga pertama sekali di deklarasikan pada tahun 2002 dan disusul dengan pelaksanaan MUBES. MUBES menjadi forum tertinggi bagi alumni Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga untuk memilih ketua dan pengurus alumni pada periode tertentu. Seiring berjalannya waktu, MIPA mengalami kevakuman dalam beberapa tahun terakhir.

"Dan alhamdulillah, atas usulan kawan-kawan alumni, ajang silaturrahmi ini bisa digelar dan apa yang menjadi cita-cita dan harapan seluruh alumni dan pihak madrasah terkait pentingnya mengaktifkan kembali roda organisasi alumni, bisa kita wujudkan dalam waktu dekat ini," pungkasnya.

Sementara itu, ketua panitia MUBES III MIPA Tahun 2023, Putra didampingi sekretaris Arya Wirawan Panjaitan kepada awak media menjelaskan bahwa secara teknis panitia akan melaksanakan rapat secepatnya dalam rangka menyusun pedoman pelaksanaan MUBES termasuk menentukan hari-H pelaksanannya. Selain itu, panitia juga akan melakukan koordinasi dan komunikasi dengan sejumlah alumni lainnya sehingga seluruh alumni Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga baik secara pribadi maupun keterwakilan angkatan dapat dijangkau.

"Tentu ini bukan tugas mudah, tapi insya Allah, dengan dukungan semua kawan-kawan alumni, hajatan MUBES kita tahun ini bisa kita laksanakan," katanya.

Putra menguraikan, hingga tahun 2022, jumlah alumni Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga mencapai 12000 orang. Alumni tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan latar belakang profesi yang berbeda. Panitia akan berupaya maksimal agar gaung MUBES III ini terdengar hingga ke seluruh alumni walaupun mungkin tidak seluruhnya dapat menghadirinya.

"Kita butuh dukungan semua alumni baik langsung maupun tidak langsung. Dan kami berkeyakinan, didukung oleh perkembangan teknologi yang ada informasi rencana pelaksanaan MUBES ini akan sampai kepada seluruh alumni," kata Putra.

Pihak madrasah sendiri mendukung sepenuhnya rencana pelaksanaan MUBES III MIPA Tahun 2023 tersebut. Kepala MTs Perguruan Thawalib Darur Rachmad Sibolga Amir Mahmud Hasibuan didampingi Kepala MA Sandi Irawan dari perguruan yang sama, mengapresiasi semangat alumni untuk kembali mengaktifkan organisasi alumni yang telah vakum beberapa tahun terakhir.

Aktifnya organisasi alumni tersebut nantinya tentunya akan memberi konstribusi positif bagi madrasah baik langsung maupun tidak langsung. Mahmud menjelaskan, salah satu pilar penting dalam pengembangan kualitas pendidikan di sekolah adalah peran alumni. Jika secara struktural organisasi alumni tersebut kembali aktif dan berjalan, maka pihak pertama yang menerima dampak positifnya adalah sekolah.

"Ini adalah hal yang sangat positif dan sebetulnya telah lama kami harapkan. Maka, tentu semangat para alumni untuk kembali berkiprah akan disambut baik oleh madrasah. Kami akan support dan siap membantu serta menfasilitasi agar MUBES ke-3 ini bisa terlaksana dengan baik," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar