Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Hari Raya Idul Adha 1444 H, Syarfi Hutauruk Sembelih Puluhan Hewan Qurban Pribadi dan Belasan Hewan Qurban Bantuan BazNas dan BPKH RI di Tapanuli Tengah

Mantan Walikota Sibolga HM. Syarfi Hutauruk menyembelih hewan qurban di masjid Al Ikhwan Kelurahan Muara Nibung, Pandan

Tapanuli Tengah - Mantan Walikota Sibolga, H.M. Syarfi Hutauruk dan keluarga berqurban puluhan sapi dan kerbau di Kabupaten Tapanuli Tengah, pada Kamis (29/6/2023).

Hewan qurban Syarfi Hutauruk dan keluarga tersebut disebar merata disejumlah masjid se-Kabupaten Tapanuli Tengah, khususnya di masjid-masjid yang jumlah hewan qurbannya pada tahun ini sedikit.

Juru bicara Keluarga Besar H.M. Syarfi Hutauruk, Sufriansyah Pasaribu kepada limakabar.com menerangkan bahwa untuk Idul Adha 1444 H, Keluarga Besar H.M. Syarfi Hutauruk menyembelih puluhan hewan qurban di Tapanuli Tengah.

Sufri mengatakan, hewan-hewan qurban tersebut disembelih langsung oleh Syarfi Hutauruk dibeberapa masjid yang sempat dikunjungi.

"Jumlahnya puluhan. Namun, tidak semuanya disembelih langsung oleh Pak Syarfi karena keterbatasan waktu," terang Sufri di Masjid.

Sufriansyah yang juga Sekretaris MD KAHMI Sibolga Tapteng ini menjelaskan bahwa pasca menjadi Khatib Sholat Idul Adha di Masjid Muhajirin Sitio-tio, Pandan, Syarfi langsung bertolak ke Kecamatan Lumut untuk mengawali penyembelihan hewan qurban keluarganya.

"Jadi dari Lumut, kita langsung bergerak ke Badiri, Pandan, Tapian Nauli, Kolang dan Sorkam," paparnya.

"Harusnya kita lanjut ke Sosorgadong, Andamdewi dan Manduamas, namun hari sudah sangat siang, jadi tidak mungkin ditunggu warga dan panitia untuk disembelih langsung oleh Pak Syarfi," katanya.

"Bahkan untuk Sorkam sendiri, kita tiba sudah menjelang Dzuhur sehingga tidak semua dapat disembelih oleh Pak Syarfi," tambahnya.

H.M. Syarfi Hutauruk disambut baik masyarakat nelayan tradisional Kelurahan Hajoran, Kecamatan Pandan, Kab. Tapteng disela-sela penyembelihan hewan qurban di tempat tersebut

"Karena keterbatasan waktu tersebut, kita minta kepada panitia untuk menyembelih langsung hewan qurbannya agar dapat dibagikan kepada warga sebagaimana biasanya," jelasnya.

Saat ditanya jumlah pasti hewan qurban yang disembelih oleh Syarfi Hutauruk pada Idul Adha 1444 H ini, Sufriansyah menjelaskan "Semuanya sapi atau kerbau. Saya tidak ingat persis jumlahnya, tapi puluhan," jelas Sufriansyah.

Sufri juga menjelaskan, selain qurban keluarga besar HM.Syarfi Hutauruk, sebagai tenaga ahli anggota Komisi VIII DPR RI Hj Delmeria Sikumbang, pihaknya juga menyerahkan belasan hewan qurban bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (BazNas) dan Badan Pengelola Keuangan  Haji Indonesia (BPKHI).

"Alhamdulillah, hewan-hewan qurban ini bisa sampai ke Tapanuli Tengah berkat usaha Ibu Delmeria selaku mitra kerja BazNas dan Kementerian Agama RI," paparnya.

Untuk qurban BazNas dan BPKHI sendiri, lanjut Sufriansyah disalurkan ke 7 kecamatan di Tapanuli Tengah diantaranya Kecamatan Badiri, Kecamatan Pandan, Kecamatan Sarudik, Kecamatan Tapian Nauli, Kecamatan Kolang dan Kecamatan Sorkam Barat dan Kecamatan Sorkam.

Sementara itu Ketua Badan Kemakmuran Masjid Ar Rahman, Poriaha Kecamatan Tapian Nauli, Rusli Sinaga bersyukur Masjid Ar Rahman menjadi salah satu masjid penerima hewan qurban rekomendasi dari Hj. Delmeria Sikumbang.

Rusli menjelaskan, Masjid Ar Rahman sendiri menyembelih 5 hewan qurban dimana seekor diantaranya adalah bantuan BazNas. Bertambahnya hewan qurban tersebut memperbanyak paket daging qurban yang akan dibagikan kepada warga dari yang sebelumnya hanya 350 paket menjadi 500 paket lebih.

"Alhamdulillah, tadinya sesuai dengan jumlah hewan qurban yang ada kita siapkan hanya sekitar 300-350 paket saja. Namun, karena ada bantuan dari Ibu Hj Delmeria kita bisa siapkan daging qurban sebanyak 500 paket," ujar Rusli.

Atas nama jama'ah, Rusli pun menyampaikan terimakasih atas kepedulian Hj. Delmeraia Sikumbang kepada warga muslim di Poriaha. Ia berharap, Delmeria tetap konsisten berjuang untuk kemaslahatan umat dan terwujud apa yang menjadi cita-citanya untuk kebaikan umat kedepan.

"Terimakasih ibu Hj.Delmeria yang telah dengan ikhlas membantu masjid Ar Rahman dengan seekor kerbau pada Idul Adha tahun ini. Kami doakan semoga ibu bisa lebih maju lagi, dan apa yang dicita-citakan oleh beliau kiranya dapat terkabul," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar