Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Lama Tak Bersua, H.M. Syarfi Hutauruk Sambangi Pdt. Daniel Marpaung di Rumah Dinas Preases HKBP Kota Padang

H.M. Syarfi Hutauruk (kanan) dan Pdt. Daniel Marpaung

Padang, Sumbar - Dalam buku berjudul 'Syarfi Hutauruk dalam Bidikan Mata Pers' diterakan bahwa salah satu kelebihan mantan Walikota Sibolga periode 2010-2015 dan 2016-2021 itu adalah tentang daya ingatnya yang tinggi diatas rata-rata pejabat dimasanya.


Ingatan Syarfi terhadap peristiwa, nama, harga komoditi pangan dan lain sebagainya diakui oleh banyak pihak. Dan itu pernah diuangkapkan oleh salah satu insan pers di Sibolga dan Tapteng tersebut.

Baru-baru ini, tepatnya pada Jum'at (29/9/2023), salah satu bukti ingatan luar biasa tersebut kembali terjadi. Hanya saja kali ini berkaitan dengan sahabatnya yang sudah tidak pernah bertemu hampir satu dasawarsa terakhir.

Saat Syarfi mengetahui sahabat lamanya, Pdt. Daniel Marpaung bertugas di Resort HKBP Pondok, Kota Padang, Sumatera Barat, suami dari Hj. Delmeria Sikumbang ini, langsung menemui dan bersilaturrahmi.

Kedatangan Syarfi Hutauruk di rumah dinas Preases HKBP Pondok, Kota Padang ini pun disambut hangat oleh Pdt. Daniel Marpaung. Sebuah pelukan hangat menandai pertemuan dua sahabat ini.

Syarfi bercerita, Pdt. Daniel Marpaung jauh sebelumnya pernah bertugas di HKBP Manduamas, Kab. Tapanuli Tengah. Saat itu, Syarfi masih menjabat sebagai anggota DPR RI. Pertemuan terakhir Syarfi dan Pdt. Daniel terjadi pada tahun 2016, saat Syarfi masih menjabat Walikota Sibolga di periode keduanya.

"Tahun itu, beliau pindah tugas ke Resort HKBP Duri, Provinsi Riau. Dan itu terakhir kali kami bertemu," terang Syarfi di rumah dinas praeses HKBP Pondok, Kota Padang, mengkilas balik kisah persahabatannya dengan Pdt. Daniel.

Sebagai kawan lama. Saat mengetahui Pdt. Daniel sudah bertugas di Padang sejak tahun 2022 lalu, kesempatan itu pun dimanfaatkannya untuk menyambung silaturrahmi yang sudah lama 'mis kontak'

"Kebetulan saya di Padang, dapat kabar bahwa amang pendeta kita sudah bertugas disini, langsung saya ajak bertemu dan melepas rindu," ujar Syarfi.

Kata Syarfi. Pdt. Daniel Marpaung, bukanlah sosok baru dalam perjalanan karir politiknya. Sejak masih menjadi anggota DPR RI, terlebih saat terpilih sebagai Walikota Sibolga, Pdt. Daniel banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan tugas dan tanggungjawab Syarfi kala itu.

"Beliau banyak membantu saya, saat menjadi anggota DPR RI maupun saat menjadi Walikota di Sibolga," akunya.

"Pdt. Daniel ini, kawan diskusi yang baik. Banyak memberikan masukan khususnya tentang persoalan-persoalan umat kristiani. Makanya, saya ingat betul dengan amang pendeta ini," ungkapnya.

Pdt. Daniel Marpaung dan H.M. Syarfi Hutauruk

Pdt. Daniel Marpaung sendiri mengamini apa yang diutarakan oleh pria bernama lengkap Muhammad Syarfi Hutauruk tersebut.

Bahkan, dalam satu kesempatan pada silaturrahmi  tersebut, dihadapan Jemaah HKBP yang sedang berlatih paduan suara hari itu, Pdt. Daniel Marpaung memperkenalkan Syarfi sebagai sosok yang baik dan bertanggungjawab.

"Ini Walikota kami. Beliau orang baik dan sangat peduli dengan umat beragama," ungkap Pdt. Daniel Marpaung, preases yang membawahi sejumlah gereja di beberapa Kabupaten dan Kota yaitu Kota Padang, Kab. Solok Selatan, Kab. Sawah Lunto, Kab. Sijunjung dan Kota Dharmas Raya.

Masih kata amang pendeta. Saat Syarfi menjabat Walikota Sibolga, dirinya tidak pernah membeda-bedakan perlakuan dan perhatian terhadap semua agama di Sibolga. 2 periode menjabat, Syarfi memberikan perhatian yang adil kepada seluruh tempat ibadah, organisasi keagamaan dan umat beragama.

"Saya menjadi saksi atas kepedulian Bapak Syarfi terhadap umat Kristiani di Sibolga," akunya.

Pdt. Daniel pun meminta agar jemaah Resort HKBP Pondok, Kota Padang yang ada hari itu, untuk mendoakan Syarfi Hutauruk tetap konsisten berjuang untuk kepentingan umat beragama, dan apa yang menjadi harapan dan cita-citanya dikabulkan oleh Tuhan yang Maha Esa.

"Kita doakan Pak Syarfi ini sukses dan tetap peduli terhadap umat beragama dimana pun ia bertugas. Dan semoga apa yang menjadi keinginan beliau di perkenankan oleh Tuhan, amin," harapnya dalam doa.

Amatan limakabar.com, temu kangen dua sahabat lama ini berlangsung sederhana dan penuh dengan suasana kekeluargaan yang hangat.

Posting Komentar

0 Komentar