Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Kunjungan Kerja ke Bengkulu, Ketum PP PERTI Sambangi MTs/MA Tarbiyah Islamiyah Kerkab Bengkulu Utara

Ketum PP PERTI, Buya Drs.H.M. Syarfi Hutauruk disambut tarian adat Rejang saat tiba di MTs/MA Tarbiyah Islamiyah Bengkulu Utara

BENGKULU - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PP PERTI), Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bengkulu, pada Sabtu (23/12/2023).

Mantan Walikota Sibolga yang kerap disapa Buya Syarfi ini. mengawali 'lawatannya' ke Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Tarbiyah Islamiyah, Kecamatan Kerkab, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Kehadiran Buya Syarfi disambut hangat civitas akademika MTs/MA Tarbiyah Islamiyah (TI) dengan tarian adat Rejang.

Dikesempatan berharga tersebut, Buya Syarfi dalam sambutannya mengapresiasi semangat civitas akademika MTs/MA TI yang mampu mempertahankan eksistensinya dalam mendidik anak-anak bangsa selama puluhan tahun.

Masa selama itu, bukanlah waktu yang singat dan mudah untuk dijalani, ditengah persaingan perkembangan dunia pendidikan dewasa ini.

Buya Syarfi menjelaskan, tidak banyak madrasah dijenjang pendidikan apa pun yang bisa terus melayani umat dengan segala keterbatasan yang ada.

Buya H.M. Syarfi Hutauruk bersama civitas akademika MTs/MA Tarbiyah Islamiyah Bengkulu Utara

"Namun, hari ini saya menemukan satu diantara banyak madrasah Tarbiyah Islamiyah yang terus bertahan dan mendapat tempat dihati umat untuk menitipkan anak-anaknya kepada bapak dan ibu untuk dibina akhlaqul karimahnya, yaitu MTs dan MA Tarbiyah Islamiyah Kerkab, Bengkulu Utara," kata Buya Syarfi.

Semangat yang dijalankan oleh MTs/MA TI dalam memajukan dunia pendidikan adalah ruh dari PERTI itu sendiri. Hal itu sejalan dengan niat dan cita-cita para founder (pendiri-red) PERTI yaitu Syeikh Sulaiman Ar Rasuli atau Nyak Canduang, yang menfokusnya amaliah keummatannya dibidang pendidikan.

"Sebagai ketua umum PP PERTI peridoe ini pun, concern kami adalah mengembangkan dan memajukan institusi pendidikan Islam, khususnya yang berada dalam naungan PERTI," ucap Buya Syarfi.

Masih kata Buya Syarfi. Sejak terpilih sebagai ketum PP PERTI pada tahun 2022, dirinya dan para pengurus memfokusnya perjuangan organisasi PERTI dalam peningkatan SDM dengan menggeliatkan kembali madrasah dan atau pondok pesantren dibawah naungan PERTI.

Dalam setiap kunjungan kedaerah, Syarfi mengaku selalu menyempatkan diri untuk melihat langsung kondisi madrasah dan pondok pesantren saat ini.

"Saya berdialog dengan mereka, menyaksikan keadaan mereka, untuk selanjutnya kita carikan solusi dan bantuan, agar madrasah dan pondok pesantren mendapat perhatian yang sama dari semua pihak khususnya pemerintah," ujar Buya Syarfi.

Buya Syarfi yang pada tahun 1997-2009 pernah menjadi anggota DPR RI ini berharap agar santri-santri tidak merasa kecil hati melanjutkan pendidikannya di madrasah atau pesantren. Lembaga pendidikan berbasis keagamaan tersebut, menurutnya memiliki peluang jauh lebih besar untuk berkiprah ditengah-tengah masyarakat bahkan dewasa ini kerap menjadi skala prioritas.

Buya H.M. Syarfi Hutauruk saat menyampaikan sambutan di MTs/MA Tarbiyah Islamiyah Bengkulu Utara

"Dulu mungkin dikucilkan, tapi sekarang menjadi skala prioritas. Tentu karena ada kelebihannya. Ada banyak sekali kesempatan beasiswa diberikan kepada lulusan madrasah atau pesantren untuk mengabdikan diri baik sebagai aparatur sipil negara maupun menjadi anggota TNI atau Polri," ungkapnya.

"Maka teruslah tingkatkan kualitas diri. Gali ilmu sebanyak-banyaknya. Hormati guru dan orangtua, pelihara akhlaq yang baik. Insya Allah, masa depan madrasah ini, termasuk masa depan guru dan anak didiknya akan turut menjadi lebih baik pula," pungkasnya.

Untuk diketahui, agenda utama Ketua Umum PP PERTI di Bengkulu adalah dalam rangka menghadiri dan membuka Musyawarah Daerah DPD PERTI Bengkulu Tahun 2023. Musda tersebut dilaksanakan Curug, Kabupaten Rejang, Provinsi Bengkulu.

Sudah menjadi kebiasaan buya Syarfi, setiap menghadiri agenda kerja ke daerah selalu menyempatkan diri meninjau madrasah atau pondok pesantren dibawah naungan PERTI. (SW25)

Posting Komentar

0 Komentar