Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

BESTIE QRIS 2024: Upaya sinergi dan kolaborasi antara BI Sibolga dengan Pemerintah Kota Sibolga untuk menuju Sibolga Smart City melalui digitalisasi sistem pembayaran

Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias bersama Sekda Kota Sibolga M. Yusuf Batubara diabadikan bersama pimpinan OPD dan Perbankan se-Kota Sibolga di sela kegiatan BESTIE QRIS 2024 

KOTA SIBOLGA - Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Sibolga, Yuliansah Andrias mengajak Pemko Sibolga, Perbankan dan masyarakat untuk terus mendorong terwujudnya percepatan dan perluasan penggunaan kanal transaksi digital khususya QRIS di wilayahnya melalui program Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Kota Sibolga.

Ajakan tersebut disampaikan oleh Yuliansah Andrias di Sibolga, Sabtu (24/2/2024), sejalan dengan pelaksanaan kegiatan BESTIE QRIS 2024, yang dipusatkan di Lapangan Simare-mare Sibolga, dengan tajuk "Sibolga Kota Tacinto, Digitalisasi Jadi Tabiaso"

Yuliansah menjelaskan, BESTIE QRIS 2024 menjadi salah satu bentuk kongkrit yang dilakukan oleh KPw BI Sibolga berkolaborasi dengan Pemko Sibolga untuk terus mendorong dan mengakselerasi digitalisasi pembayaran di Kota Sibolga.

"Melalui BESTIE QRIS 2024 ini, kami mengajak pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga menjadi role model sekaligus duta edukasi digitalisasi kepada seluruh lapisan masyarakat," kata Yuliansah Andrias.

Dijelaskan pula, pada rangkaian kegiatan BESTIE QRIS 2024 ini, pihaknya mengagendakan sedikitnya tiga kegiatan yaitu; (1) BESTIE QRIS Forum, (2) BESTIE QRIS Fair dan (3) BESTIE QRIS Challenge.

"Kita tentu berharap melalui kegiatan ini, atensi masyarakat Kota Sibolga, khususnya para pegawai di lingkungan Pemko Sibolga semakin meningkat dan semakin menyadari akan peran penting digitalisasi pembayaran bagi kemajuan perekonomian daerah," terang Yuliansah.

Yuliansah merinci. Untuk sejumlah kegiatan BESTIE QRIS 2024, KPw BI Sibolga telah melaksanakan BESTIE QRIS Forum pada 11 Desember 2024 lalu. Kegiatan berupa High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasaan Digitalisasi Dearah (TP2DD) tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Sibolga, dan dihadiri oleh Kepala KPw BI Sibolga, Sekda Kota Sibolga, OPD serta pimpinan PT Bank Sumut cabang Kota Sibolga.

"Dari kegiatan BESTIE QRIS Forum tersebut telah dihasilkan berbagai strategi dan upaya yang akan ditempuh oleh TP2DD Kota Sibolga, salah satunya adalah komitmen dari Pelindo I Sibolga untuk melaksanakan Elektronifikasi Pembayaran Digital di Pelabuhan," bebernya.

Masih kata Yuliansah. Khusus kegiatan BESTIE QRIS Fair yang dilaksanakan hari itu (24/2), KPw BI Sibolga meramunya dengan berbagai kegiatan menarik,  meliputi (1) showcasing booth produk – produk digitalisasi Bank Indonesia dengan kegiatan sosialisasi dan edukasi kanal pembayaran digital berupa Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), dan sosialiasi Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (CBPR), serta booth Pemerintah Kota Sibolga, dan seluruh perbankan di Kota Sibolga. 

(2) showcasing booth UMKM binaan Bank Indonesia dan Pemerintah Kota Sibolga.

(3) Pasar Murah sinergi antara Bank Indonesia, Pemerintah Kota Sibolga, dan Bulog dalam upaya pengendalian inflasi di Kota Sibolga jelang Hari Besar Keagamaan Ramadhan Tahun 2024.

(4) BESTIE QRIS Fun Walk yang diikuti oleh 1.000 peserta baik di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga maupun masyarakat yang di buka oleh Sekda Kota Sibolga bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga. 

"BESTIE QRIS Fair ini adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan atensi dan pemahaman masyarakat mengenai berbagai kanal digitalisasi yang telah tersedia di Kota Sibolga," ungkapnya.


Kepala KPw BI Sibolga, Yuliansah Andrias

Lebih lanjut Yuliansah menjelaskan bahwa untuk meningkatkan pemahaman dan pengalaman masyarakat dalam bertransaksi menggunakan kanal digital khususnya QRIS, pihaknya telah meluncurkan program BESTIE QRIS Challange kepada seluruh pegawai Pemko Sibolga.

Program tersebut diharapkan dapat mendorong percepatan dan perluasan penggunaan transaksi digital pada pelayanan di lingkungan Pemko Sibolga yang secara langsung akan memberikan dampak positif bagi peningkatan indeks ETPD Kota Sibolga.

"Peningkatan dan perluasan kanal digitalisasi ini, baik di lingkungan Pemko Sibolga maupun masyarakat sejalan dengan tujuan bersama yaitu Sibolga sebagai Kota Smart City," jelasnya.

"Kami menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Walikota Sibolga dan seluruh jajarannya atas dukungan yang diberikan hingga program BESTIE QRIS 2024 ini berjalan sesuai yang direncanakan dan diharapkan," pungkasnya.

Sementara itu, Sekda Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara atas nama Pemko Sibolga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada KPw BI Sibolga atas peran dan dukungannya dalam membantu digitalisasi di Kota Sibolga.

Yusuf berharap sinergitas yang telah terjalin terus ditingkatkan. 

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah yang pad akhirnya akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Sibolga Smart City," harapnya.

Posting Komentar

0 Komentar