Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Jadi Supir Angkot Dadakan, Gubernur DKI Anies Baswedan Dikritik Penumpang

Gubernur DKI Jakarta Anies R Baswedan menjadi supir angkot dadakan. Ia dipandu Pak Sihombing menjalankan profesi barunya hari itu menempuh rute Rawamangun-Duren Sawit

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies R Baswedan menjadi pramudi JakLingko dadakan. Dari uggahan status facebook  pada Minggu (25/09/2022), Anies diketahui menjadi supir angkot JakLinko 26 rute Rawamangun-Duren Sawit. Mantan rektor Paramadina Jakarta ini mengenakan atasan kemeja putih dengan rompi biru betuliskan Jaki.

Anies tidak sendirian di deretan kursi pengemudi. Ia ditemani Pak Sihombing yang tak lain adalah pramudi Mikrotrans Jak 26 yang sesungguhnya. Sepanjang jalan Anies terlibat dialog dengan Pak Sihombing. Mantan Mendiknas periode pertama Jokowi itu banyak bertanya tentang bertanya masa tugas dan pengalaman Pak Sihombing selama menjadi pramudi. 

Pak Sihombing sendiri mengaku sudah tiga tahun menjadi supir Mikrotrans Jak 26. Menurutnya sejak bergabung di JakLingko, dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai supir dirinya lebih tenang. Ia tak perlu lagi buru-buru mengemudi karena  harus kejar setoran seperti yang pernah ia lokoni sebelumnya. Kini ia bekerja lebih leluasa dan tetap mendapat bayaran setiap  bulannya.

"Yang penting kita ikut aturan dari petugas, kita dibayar," jawab Pak Sihombing. 

Sesekali Pak Sihombing juga terlihat mengarahkan orang nomor satu di Jakarta tersebut terutama terkait rute jalan yang akan dilalui. Sejumlah penumpang yang menjadi pelanggan Mikrotrans Jak 26 ini pun kaget saat mengetahui pramudi hari itu adalah Anies Baswedan. Tak ayal, disetiap halte para penumpang minta izin untuk berfoto bersama yang dilayani Anies dengan senyuman.

Anies juga mendapat kritikan dari beberapa penumpang terkait layanan JakLingko. Seorang penumpang mengatakan kepada Anies bahwa calon penumpang terkadang harus menunggu terlalu lama di halte. Penumpang pun meminta agar Pemprov DKI Jakarta menambah jumlah armadanya agar jarak waktu dari setiap angkot bisa lebih cepat dan penumpang semakin banyak terlayani.

Gubernur DKI Jakarta yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 16 Oktober 2022 yang akan datang ini menuliskan pengalaman mengemudinya hari itu melalui status facebooknya. Anis mengatakan "layanan transportasi umum yang andal merupakan salah satu cara untuk mencapai keadilan sosial dan kota yang lestari. Layanan Mikrotrans (yang biasa disebut Jaklingko) sudah hadir sejak 2018 untuk menjangkau warga Jakarta. 

Dengan terintegrasinya layanan angkot ke dalam Mikrotrans, persentase warga Jakarta yang tinggal dalam radius 500 meter dari titik perhentian angkutan umum meningkat dua kali lipat dari 42% pada tahun 2017, menjadi 83% pada 2021. Persentase ini ditargetkan terus bertambah hingga mencapai 95% di 2022.

Pagi itu mencoba mengendarai Mikrotrans (Jaklingko) AC dipandu oleh Pak Sihombing, pramudi yang biasa mengendarai Mikrotrans Jak 26 rute Rawamangun - Duren Sawit. Kami berbincang sepanjang perjalanan dan juga dengan para penumpang tentang pengalaman sehari-hari naik Mikrotrans. 

Kita merasakan bahwa kebijakan ini sudah sesuai untuk tipologi kota Jakarta, di mana banyak jalan sempit dan permukiman padat. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa masalah seperti sinyal mesin tap kartu sempat blank, yang tentunya menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk meningkatkan pelayanan. 

Untuk mikrotrans AC sendiri saat ini melayani rute Jak 10A Gondangdia - Cikini dan akan terus bertambah jumlahnya secara bertahap" tulis Anies.

Pendiri Gerakan Indonesia Mengajar itu tidak sampai Duren Sawit mengemudikan Jak 26. Ia pamit kepada Pak Sihombing karena harus melanjutkan agendanya sebagai gubernur DKI Jakarta. 

Video selengkapnya dapat anda lihat disini : Gubernur DKI Mendadak Jadi "Supir Angkot" 

Cuplikan Videonya dapat anda lihat disini :



Posting Komentar

0 Komentar