Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Kalahkan Ganjar dan Prabowo, Mayoritas Masyarakat Indonesia yang Berpendidikan Tinggi Pilih Anies Baswedan

Foto: Anies Rasyid Baswedan

Jakarta - Survei Voxpol Center Research and Consulting (VCRC) menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia dengan latar belakang pendidikan tinggi memilih Anies Baswedan sebagai capres pada Pilpres 2024 yang akan datang.

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 tersebut mengalahkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto dengan raihan pemilih sebesar 42,2 persen. Sedangkan Ganjar 32,8 persen dan Prabowo 18,8 persen.

Direktur Eksekutif VCRC, Pangi Syarwi Chaniago dalam keterangannya mengatakan survei tersebut dilakukan pada November 2022 dan capres yang mendapat dukungan dari segmen ini akan mendapat banyak keuntungan.

"Apalagi, jika mereka turut mempromosikan dukungannya kepada salah satu kandidat tertentu. Pengaruhnya tentu akan melipat gandakan dukungan terhadap kandidat dan memperbesar peluang kemenangan," kata Pangi di Jakarta, Selasa (6/12/2022)

Masih kata Pangi. Pemilih dengan segmen berpendidikan tinggi, sudah punya preferensi politik yang cukup kuat dan memadai termasuk kategorisasi pemilih "strong voter". Pemilih dikategori ini tidak mudah dipengaruhi oleh keluarga, RT, RW termasuk endorse politisi seperti kepala daerah maupun presiden

"Dengan bekal pemilih berpendidikan tinggi, Anies Baswedan relatif tidak terlalu kesulitan dalam mempengaruhi perilaku pemilih berpendidikan bawah-menengah dalam konteks memutuskan pilihan politiknya," ungkapnya

Posting Komentar

0 Komentar