Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

BazNas Kota Sibolga Salurkan Zakat Senilai Rp2,16 Milyar, Walikota Sibolga Ajak Pengusaha Bayar Zakat Melalui BazNas

Didampingi ketua BazNas Kamil Gulo, Walikota Sibolga menyalurkan ZIS kepada perwakilan mustahaq sebagai tanda dimulainya penyaluran ZIS tersebut oleh BazNas di 4 kecamatan se-Kota Sibolga

Kota Sibolga - Walikota Sibolga Jamaluddin Pohan mengajak agar pengusaha dan pejabat Badan Usaha Milik Negara dan atau Daerah (BUMN-D) membayarkan zakatnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (BazNas) Kota Sibolga.
 
Ajakan itu disampaikan Jamaluddin di momen peluncuran (lounching) penyaluran zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) BasNas Kota Sibolga tahun 2023, di Masjid Agung Sibolga, Jalan Ahmad Yani, Pasar Belakang, pada Jum'at (7/4/2023)

Jamal mendorong agar para pengusaha di Kota Sibolga turut memperhatikan warga Sibolga yang masih hidup dalam balutan kemiskinan. Sehingga melalui zakat (yang pembayarannya dilakukan melalui BazNas), warga miskin tersebut mendapat perhatian khususnya dimomen hari-hari besar keagamaan.

"Kepada pelaku usaha di Kota Sibolga, kita harapkan, lihatlah saudara-saudara kita (yang fakir dan miskin). Keuntungan yang saudara terima itu, yang saudara raih itu, ada sebagian rezeki saudara-saudara kita yang tertitipkan. Oleh karena itu saya ajak mari bayarkan zakat saudara, baik zakat harta atau jenis zakat lainnya melalui BazNas, agar penyalurannya tepat sasaran dan penerima manfaatnya pun semakin luas." ucap Jamaluddin.

Pada kesempatan tersebut Jamaluddin yang juga ketua DPD Partai NasDem Kota Sibolga ini berterimakasih atas tingginya kesadaran ASN dan dinas instansi di Kota Sibolga dalam membayarkan zakatnya melalui BazNas.

"Kepada ASN kami ucapkan terimakasih karena telah ikhlas mengeluarkan sebagian dari gajinya dengan taat, disiplin, setiap bulan, tanpa ada tunggakan," ucap Jamal mengapresiasi.

Ketua BazNas Kota Sibolga, Kamil Gulo

Sementara itu, ketua BazNas Kota Sibolga, Kamil Gulo kepada awak media menjelaskan bahwa untuk semester I tahun 2023, BazNas Kota Sibolga berhasil menghimpun zakat senilai Rp2,16 milyar. 

Hal itu dihimpun dari ZIS aparatur sipil negara (ASN), instansi pemerintah dan BUMN/BUMD serta infaq dan zakat para pejabat Pemko Sibolga dan pengusaha. Selain itu, BazNas juga berhasil menghimpun infaq dari donator dan orangtua asuh yang peruntukkannya khusus bagi warga kurang mampu dan siswa dengan latar belakang ekonomi kurang mampu namun berprestasi.

Khusus untuk penyaluran zakat bagi para mustahaq di Kota Sibolga, Kamil memjelaskan, BazNas menyalurkan zakat tersebut kepada 3462 mustahiq yang tersebar di 4 kecamatan se-Kota Sibolga. Penyaluran tersebut akan dilakukan secara bertahap selama 4 hari kerja, dan dimulai dari Kecamatan Sibolga Kota.

"Tadi sudah di lounching oleh pak Walikota Sibolga. Dimulai dari Kecamatan Sibolga Kota, ada 600 orang mustahiq dan berikutnya akan dilanjutkan di kecamatan-kecamatan lainnya, dimulai pada Senin hingga Rabu yang akan datang," jelas Kamil.

Masih kata Kamil. Sejak awal tahun 2023, pihaknya telah menyalurkan ZIS BazNas Kota Sibolga dalam berbagai bentuk program rutin maupun unggulan.

Beberapa program yang telah dijalankan oleh BazNas tersebut diantaranya; pinjaman dana bergulir bagi pelaku usaha kecil (UMKM) di Kota Sibolga, bantuan masjid khusus yang belum mendapatkan dana hibah Pemko Siboga dan bantuan bagi guru-guru MDA dan TPQ se-Kota Sibolga.

Selai itu BazNas juga menyalurkan ZIS kepada para muballigh (da'i), muallaf, gharim, rubiah dan bilal masjid. Khusus untuk batuan bagi anak yatim, BazNas berkolaborasi dengan banyak pihak memberikan santunan, agar penerima manfaat dari bantuan tersebut semakin luas dan merata.

Melalui program unggulan orangtua asuh, BazNas juga telah menyalurkan bantuan senilai Rp132 juta kepada 55 penerima manfaat yang terdiri dari 26 warga kurang mampu dan 29 siswa miskin berprestasi, masing-masing sebesar Rp2,4 juta. 

Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk rekening tabungan yang dapat dicairkan setiap bulannya selama 1 tahun.

"Terbaru, kita juga membagikan parsel untuk 500 anak yatim se-Kota Sibolga yang berisi beras, makanan dan minuman sehat serta uang tunai. Kita ingin, anak-anak yatim kita berbahagia di bulan Ramadhan ini, terlebih pada lebaran Idul Fitri nanti," ujarnya.

Kamil pun turut mendorong agar masyarakat Kota Sibolga, khususnya para saudagar dan pengusaha agar membayarkan zakatnya melalui badan-badan resmi yang diakui oleh pemerintah dalam hal ini Badan Amil Zakat Nasional (BazNas) Kota Sibolga.

Kamil menjelaskan, hingga saat ini, BazNas masih menjadi satu-satunya badan resmi yang dibentuk oleh pemerintah yang bertugas untuk menghimpun ZIS. Hal itu sebagaimana tertuang pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

"Tadi Pak Walikota juga sudah menyampaikan imbauannya. Kami pun mengimbau hal yang sama, mari kita bayarkan zakat, infaq dan shadaqah kita, melalui BazNas. Insya Allah, BazNas akan menyalurkannya kepada yang berhak menerimanya serta penerima manfaat dari ZIS tersebut semakin luas dan merata," pungkasnya.-SW25-

Posting Komentar

0 Komentar