Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Bukber Bareng Wartawan, PT Agincourt Resources "Ekspos" Keberhasilan Program PPM untuk Masyarakat Sekitar Tambang

Rohani Simbolon, manager community development PT Agincourt Resources

Padangsidempuan - PT Agincourt Resources (PTAR), Pengelola Tambang Emas Martabe, menggelar silaturrahmi dan buka puasa bersama awak media di Hotel Mega Permata, Kota Padangsidempuan, pada Rabu (12/4/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri puluhan awak media baik media televisi, media cetak dan media online. Sedangkan dari pihak PTAR sendiri turut hadir General Manager Operations Rahmat Lubis dan Senior Manager Corporate Communications Katarina Siburian Hardono.

Pada moment silaturrahmi dan buka puasa bersama bertajuk "semangat keberagaman dan kebersamaan eratkan persaudaraan" tersebut, juga dimanfaatkan oleh management PTAR sebagai media mensosialisasikan capaian perusahaan tersebut sejak beroparasi hingga saat ini khususnya pada aspek pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM).

Manager Community Development PTAR, Rohani Simbolon pada kesempatan ini menjelaskan bahwa sejak berdiri pada tahun 2012, PTAR berkomitmen meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat sekitar tambang agar berkemandirian khususnya pasca tambang emas tersebut tidak beroperasi lagi.

Strategi yang dijalankan oleh PTAR sendiri untuk mewujudkan komitmen tersebut adalah melalui optimalisasi aktor lokal (local champion) dari sisi ekonomi yang diharapkan kedepan menjadi multiplier effect di masyarakat.

"Kami tidak mungkin mampu memberikan manfaat kepada semua pihak secara komprehensip. Yang dapat kami lakukan adalah menemukan aktor lokal, untuk selanjutnya kami bina secara sustainability hingga berhasil dan menjadi multiplier effect di masyarakat," paparnya.

Saat ini, PTAR telah membina sejumlah aktor lokal pada aspek ekonomi yang telah memiliki akses yang lebih luas dalam pengembangan usahanya diantaranya Bapak Imam Saleh dari Sipenggeng, pelaku usaha penangkaran bibit padi dan Ibu Santi dari Kelurahan Aek Pining, pelaku usaha kreatif batik Tapsel.

Rohani mengklaim, pihaknya (PTAR) telah berhasil mewujudkan komitmen tersebut melalui berbagai program yang telah dilaksanakan. Bahkan untuk tahun 2022 saja, PTAR telah melakukan 72 kegiatan CSR dengan total penerima manfaat sebanyak 30.565 orang.

"Jumlah penerima manfaat tersebut meningkat 47% bila dibandingkan dengan jumlah penerima manfaat tahun sebelumnya yaitu sebanyak 20.826 orang," ungkapnya.

Masih kata Rohani Simbolon. Untuk program dibidang kesehatan PTAR fokus pada peningkatan kualitas pelayanan fasilitas kesehatan. Bahkan salah satu wujud dari komitmen dibidang kesehatan ini, Puskesmas Kecamatan Batangtoru menjadi satu-satunya puskesmas di Sumatera Utara yang memiliki fasilitas layanan dokter spesialis.

"Puskesmas Batangtoru saat ini menyediakan layanan dokter spesialis anak, spesialis kandungan dan spesialis penyakit dalam. Dan ini satu-satunya di Sumatera Utara," ungkapnya.

Selain bidang ekonomi dan kesehatan, PTAR juga menyasar bidang-bidang lainnya seperti pendidikan melalui Beasiswa Martabe Prestasi, bidang Infrastruktur publik melalui pembangunan fasilitas publik seperti sanitasi, rumah ibadah dan sarana dan prasarana sekolah dan pertanian.

"Tentu semua program ini tidak akan berjalan dengan baik dan membawa manfaat tanpa dukungan masyarakat, pemerintah, mitra program dan pemangku kepentingan lainnya," akunya.

Rohani Simbolon pun berharap apa pun program yang telah dilakukan harus dibarengi dengan komitmen kerjasama yang baik oleh semua pihak. PTAR hadir tidak dalam rangka mengambil alih tugas pemerintah dan berkolaborasi dan berkontribusi dalam pembangunan di daerah.

"Karena itu apa pun program yang telah dilakukan tentu harus dilaksanakan atas niat dan kerjasama yan gbaik dari semua pihak, termasuk diantaranya komitmen masyarakat untuk merawat infrastruktur yang sudah diserahterimakan agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," pintanya.-SW25-

Peserta silaturrahmi dan buka puasa bersama PT Agincourt Resources dengan awak media

Posting Komentar

0 Komentar