Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Muda Mudi Sorkam Ajak Syarfi "Makan Bajamba", Syarfi : Saya Teringat Masa Kecil di Sini

Mantan Walikota Sibolga, H.M. Syarfi Hutauruk makan 'bajamba' bersama masyarakat dan pemuda Sorkam Kiri, Kab. Tapteng


Sorkam, Tapteng -  Sambutan hangat diberikan oleh warga Sorkam Kiri, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) kepada mantan Walikota Sibolga, H.M. Syarfi Hutauruk, saat bersafari ke Tapteng, pada Sabtu (4/11/2023).

Sambutan hangat dalam bentuk undangan makan bersama tersebut, dilakoni Syarfi Hutauruk bersama puluhan warga dan pemuda di salah satu warung milik warga,.

Syarfi sendiri hadir dengan penampilan sederhana. Ia tiba bersama rombongan dengan baju kaos berwarna biru, celana putih dan berpeci (lobe) putih.

Menariknya, makan malam bersama tesebut tidak dilaksanakan sebagaimana jamuan pada umumnya. Namun hanya dengan memanfaatkan daun pisang yang diatasnya diletakkan menu makanan untuk disantap secara bersama-sama.

Tradisi makan bersama diatas daun pisang ini kerap disebut bancakan atau mayoran dalam istilah orang Jawa. Untuk daerah Sorkam sendiri, makan bersama seperti ini disebut Bajamba.

Muhammad Rozi (31) yang turut hadir dalam makan bersama tersebut kepada limakabar.com menjelaskan, undangan terhadap Syarfi Hutauruk datang atas inisiatif warga sendiri.


Selama ini, lanjut Rozi, Syarfi dikenal sebagai sosok yang dekat dengan segala kalangan masyarakat. Selain sebagai putra Sorkam yang berhasil di perantuan, Syarfi juga pernah menjadi Walikota Sibolga dua periode yaitu periode 2010-2015 dan 2016-2021.

Makan 'Bajamba' mantan Walikota Sibolga H.M. Syarfi Hutauruk bersama muda-muda Sorkam Kiri, Tapteng

"Meskipun beliau banyak berkecimpung di perantauan, entah itu di Jakarta atau di Sibolga, namun perhatiannya terhadap kampung halamannya sangat besar," kata Rozi.

Rozi menyebut, Syarfi kerap pulang kampung ke Sibolga dan Tapanuli Tengah. Dan dalam kesempatan itu Syarfi kerap memberikan bantuan baik secara pribadi maupun melalui jaringan atau relasi yang ia miliki.

"Banyak sebenarnya orang Sorkam yang berhasil di rantau. Tapi amat sedikit diantara mereka yang peduli dengan kampung halamannya. Peduli itukan tidak selalu ukurannya materi, tapi juga tidak memutus silaturrahmi. Dan pak Syarfi ini, tidak pernah memutus silaturrahmi dengan masyarakat disini," ujarnya.

Sementara itu, Syarfi sendiri mengaku terharu atas undangan masyarakat Sorkam Kiri untuk dirinya.

Syarfi membenarkan bahwa dirinya kerap pulang kampung, namun jarang dapat kehormatan diundang makan bersama seperti hari itu.

"Kabarnya mereka sudah lama merencanakan ini, tapi karena sulitnya mempertemukan waktu, jadi baru bisa terlaksanakan sekarang," kata Syarfi.

Makan bersama yang dilaksanakan dengan cara sederhana itu mendapat decak kagum dari Ketua Umum PP PERTI ini. Ia mengaku seperti kembali ke masa-masa kecilnya di kampung halaman.

"Suasana desanya begitu kental terasa. Saya seperti kembali ke masa anak-anak dulu," ujarnya.

"Terimakasih atas undangannya. Mudah-mudahan kita semua tetap dilimpahkan rezeki yang berkah oleh Allah SWT, dan silaturrahmi kita tidak pernah terputuh," harap Syarfi. (SW25)

Posting Komentar

0 Komentar