Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Seraya Serahkan Bantuan Al Kitab bagi Gereja HKBP TD. Pardede Padang, Syarfi Ajak Jemaat Jaga Silaturrahmi dan Saling Mengasihi

Bantuan - Mantan walikota Sibolga H.M. Syarfi Hutauruk atas nama anggota DPR RI Komisi VIII Hj. Delmaria menyerahkan bantuan Al Kitab kepada gereja HKBP TD. Pardede dan diterima oleh Guru Huria Pdt. Br. Nababan disaksikan Pdt. Daniel Marpaung


PADANG - Tokoh pluralisme asal Kota Sibolga, Sumatera Utara, H.M. Syarfi Hutauruk bersilaturrahmi dengan jemaat Gereja HKBP TD. Pardede, Muaro Kota Padang, Sumatera Barat, pada Minggu (12/11/2023).

Syarfi yang hadir dengan setelan batik berwarna merah marum tersebut disambut oleh Pendeta Daniel Marpaung dan Guru Huria Pendeta Br. Nababan.

Selain bersilaturrahmi, Syarfi juga menyerahkan bantuan Al Kitab sebanyak 200 buah, titipan dari Anggota Komisi VIII DPR RI Hj. Delmeria Sikumbang, yang diterima langsung oleh Pdt. Br. Nababan.

Pada kesempatan ini, H.M. Syarfi Hutauruk yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PP Persatuan Tarbiyah Islamiyah ini menyebut jika Pdt. Daniel Marpaung bukanlah sosok baru dalam hidupnya.

Syarfi mengatakan, kedekatan dirinya dengan sang pendeta sudah terjalin sejak belasan tahun lalu, tepatnya saat dirinya masih menjabat sebagai anggota DPR RI. 

Kedekatan itu semakin intens saat Syarfi terpilih sebagai Walikota Sibolga pada tahun 2010.

"Jadi kalau ada istilah kawan lama, maka beliau ini (Pdt. Daniel Marpaung) lebih cocok saya sebut sebagai sahabat lama. Beliau orang yang baik dan berdedikasi. Beliau juga banyak membantu saya baik saat di DPR RI maupun saat menjadi walikota Sibolga," kata Syarfi mengawali sambutannya.

Syarfi mengungkapkan, meskipun antara dirinya dan Pdt Daniel Marpaung berbeda dalam hal keyakinan beragama, namun keduanya tidak pernah menjadikannya sebagai permasalahan. Perbedaan tersebut justru menjadi karakter kuat yang mempersatukan.

"Beliau Kristen dan saya Muslim. Tapi itu tidak mengganggu silaturrahmi diantara kami. Bahkan saat komunikasi kami terputus karena beliau pindah ke Riau dulu, saya pribadi berusaha mencari keberadaan beliau hingga akhirnya kami bisa bertemu kembali, dan merajut silaturrahmi seperti dulu," ujarnya.

Sambutan - Mantan Walikota Sibolga H.M. Syarfi Hutauruk didampingi Pdt. Daniel Marpaung saat memberikan sambutan pada silaturrahmi bersama jemaat gereja HKBP TD. Pardede Padang

Syarfi yang saat ini maju sebagai calon anggota DPR RI daerah pemilihan Sumut 2, usungan Partai Demokrat ini pun mengajak jemaah Gereja HKBP TD Pardede Padang untuk tetap menjaga silaturrahmi sebagai umat beragama dan sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia.

Dikatakan, masing-masing agama dan keyakinan mengajarkan umatnya tentang cinta dan kasih. Dan tidak ada ruang dalam agama yang mengajarkan keburukan. Jika dewasa ini kerap muncul isu dan peristiwa kekerasan berlatar agama, hal itu dilakukan oleh oknum yang sebenarnya tidak beragama.

"Jadi, ayo kita jaga silaturrahmi, saling mengasihi dan kita hindari permusuhan, perselisihan yang tidak ada manfaatnya sama sekali," ajak Syarfi.

Masih kata Syarfi. Sebagai masyarakat yang hidup dan berinteraksi sosial di negara yang majemuk dan pancasilais. perbedaan adalah sebuah keniscayaan. Perbedaan muncul selain karena sunnahtullah, atau ketentuan Allah, juga sebagai pewarna yang membuat hidup dan kehidupan semakin indah.

"Kita berbeda keyakinan, berbeda suku. Dan itu indah sekali. Perbedaan itu membuat kita saling mengenal dan memahami satu dengan yang lainnya," terangnya.

Syarfi pun mengajak jemaah HKBP TD Pardede untuk menjadikan perbedaan sebagai sebuah kekayaan yang mempersatukan. Perbedaan harus dijadikan kekuatan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya pribadi bersyukur lahir sebagai orang Indonesia. Saya percaya amang dan inang (bapak dan ibu-red) juga punya kebanggaan yang sama. Kenapa bangga? karena kita bersatu dalam perbedaan itu, kita saling menghormati dan saling mengasihi," pungkasnya.

Sementara itu, Pdt. Daniel Marpaung dikesempatan yang sama ini mengamini kisah persahabatannya yang dikisahkan oleh HM. Syarfi Hutauruk. Persahabatan yang bermula tahun 2011 tersebut berlanjut hingga saat ini.

"Saya dengan amang Syarfi Hutauruk ini sudah cukup lama bersahabat sejak tahun 2011. Awal pertama amang ini menjadi walikota di Sibolga, beliau sangat dekat dengan semua tokoh agama," kata Pdt. Daniel mengawali sambutannya.

Salam - H.M. Syarfi Hutauruk memberi salam takzim kepada jemaat gereja HKBP TD.Pardede Padang, Sumatera Barat

Ia mengatakan, sepak terjang Syarfi saat menjadi walikota Sibolga khususnya yang berkaitan dengan kepedulian terhadap umat  beragama diakui oleh seluruh masyarakat Sibolga.

"Tidak ada rumah ibadah yang tidak dibantu oleh amang Syarfi Hutauruk ini. Baik itu masjid atau pun gereja. Semua mendapat perhatian yang sama. Saat ini rumah-rumah ibadah di Sibolga itu cantik-cantik dan nyaman bagi jemaah," ucapnya.

Kepedulian Syarfi juga "menurun" kepada istrinya Hj. Delmeria Sikumbang yang saat ini menjadi anggota DPR RI di Komisi VIII. Delmeria, sebagaimana dikatakan Pdt. Daniel, memberi perhatian kepada gereja yang ia pimpin saat ini. Ia percaya, perhatian tersebut tidak datang tiba-tiba tetapi memang menjadi jadi diri Delmeria yang peduli.

"Saat ini, Inang Delmeria sedang mengupayakan bantuan bagi gereja kami ini. Dan kabarnya tak lama lagi bantuan tersebut akan segera dicairkan. Tentu kami berterimakasih atas kepedulian ini," terangnya.

"Sampaikan salam hormat kami kepada Inang Delmeria. Kami melihat beberapa balihonya terpampang di daerah ini sebagai calon anggota legislatif dari Sumatera Barat 1. Kami do'akan semoga Inang Delmeria sehat dan sukses terpilih kembali menjadi anggota DPR RI," doa Pdt. Daniel Marpaung. (SW25)

Posting Komentar

0 Komentar