Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Delmeria Serahkan Bantuan DSP Rp500 Juta untuk Penanganan Dampak Banjir dan Longsor di Bakkara

Kepala BNPB Letjend Suharyanto, anggota Komisi VIII DPR RI Hj. Delmeria dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor memimpin rakor penanggulangan bencana banjir dan longsor di Bakkara


HUMBAHAS - Anggota Komisi VIII DPR RI, Hj. Delmeria Sikumbang bersama Kepala BNPB, Letjend TNI Suharyanto, meninjau lokasi banjir bandang disertai tanah longsor di Desa Simangulampe, Kec. Baktiraja, Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas), pada Senin (4/12/2023).

Sebelumnya, antara Komisi VIII DPR RI, BNPB dan Pemkab Humbahas menggelar rapat koordinasi di Kantor Bupati Humbahas terkait penanganan dampak bencana banjir dan longsor. Rapat tersebut dipimpin kepala BNPB Suharyanto.

Suharyanto mengatakan, kehadiran BNPB dan anggota Komisi VIII DPR RI ke Humbahas adalah refresentasi dari pemerintah pusat dalam meringankan beban rakyat yang terdampak bencana.

Pernyataan tersebut diperkuat pula dengan diserahkannya bantuan awal berupa Dana Siap Pakai sebesar Rp500 juta dan logistik berupa tenda pengungsi dan tenda keluarga, sembako, selimut, velbed, matras, lampu, genset listrik dan pompa air.

"Ini merupakan bantuan awal. Mengenai dana dari pemerintah pusat, gunakan secara akuntabel," kata Suharyanto.

Pasca rakor, rombongan langsung bertolak ke lokasi bencana. Di tempat ini, anggota komisi VIII DPR RI, Hj. Delmeria menerima laporan dan penjelasan terkait kronologis kejadian serta dampak yang ditimbulkannya.

Dikatakan, sebanyak 35 unit rumah rusak berat dan memasuki hari ketiga pasca bencana, 10 orang masih berstatus hilang dan 2 orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Sementara waktu, warga terdampak bencana banjir dan longsor tersebut mengungsi ke tempat penampungan sementara.

Delmeria sendiri mengaku mendapatkan kabar menyedihkan tersebut beberapa jam pasca banjir dan longsor terjadi, Sabtu (2/12)

Dr. Enrico Silaban yang merupakan putra Humbahas menjadi orang pertama yang mengabari Delmeria sebelum akhirnya Delmeria mengkonfirmasi peristiwa tersebut ke banyak pihak.

Tidak menunggu lama, Delmeria mengontak langsung Kemensos RI dan BNPB serta mengagendakan meninjau lokasi bersama dan menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada Pemkab dan warga terdampak.

Atas peristiwa yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan kerugian materi yang tidak sedikit tersebut, Delmeria menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya.

Ia meminta warga sabar dan banyak berdoa agar peristiwa yang sama tidak terjadi lagi dan Tuhan akan memberikan ganti (hikmah) yang lebih baik di hari-hari kedepannya.

"Sabar ma hamu Amang-Inang. Hita pabahat ma tangiang tu Tuhan, Asa sai sehat ma hita saluhutna dan Tuhan akan mengganti rasa kehilangan kita ini dengan yang lebih baik," pungkasnya. (SW25)

Posting Komentar

0 Komentar