Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

SMPN 1 Sibolga Gelar Pemilihan Ketua OSIS Layaknya Pilkada Sungguhan

Nadia siswi kelas VIII-4 dengan jari kelingking tercelup tinta terlihat bangga pasca menggunakan hak suaranya di pilkaos SMPN 1 Sibolga

Sibolga - Empat kandidat calon ketua OSIS SMP Negeri 1 Sibolga ikut meramaikan pemilihan ketua OSIS (Pilkaos) masa bakti 2022-2023. Keempat calon tersebut masing-masing Selviana Jambak-Samuel Simanullang (1), Nasya-Melvi (2), Saurma-Satria (3) dan Cristian-Livana (4).

Pilkaos sendiri berlangsung hari ini Sabtu (24/9/2022) di pusatkan di aula 1 lantai 2 SMPN 1, Jl Alu-Alu Sibolga. Aula ini disulap sedemikian rupa sehingga menjadi tempat pemungutan suara (TPS). Ketua KPPS Pilkaos, Aulia Rizka, siswi kelas VIII-1 sebelum penungutan suara berlangsung menyampaikan bahwa jumlah pemilih di TPS SMPN 1 Sibolga adalah sebanyak 985 pemilih. Untuk kelancaran pemungutan suara pihaknya telah menyiapkan 5 bilik suara dan 4 kotak suara di TPS.

"Jumlah ini cukup untuk menampung seluruh calon pemilih karena sistem pemilihan dilakukan secara bergiliran, sehingga akan mengurangi antrian panjang," jelasnya.

Pengamatan media, pilkaos ini berjalan layaknya pemilu yang kerap di gelar di Indonesia.

Suasana pemungutan suara Pilkaos di TPS SMPN 1 Sibolga

Pemilih yang sudah terdaftar dalam data tabulasi sekolah mendaftarkan diri kepada petugas KPPS. Selanjutnya pemilih menunggu dikursi tunggu untuk dipanggil petugas. Secara bergiliran pemilih dipanggil petugas dan diserahkan surat suara yang sebelumnya sudah dibubuhi tandatangan petugas KPPS. 

Sebagian pemilih ada yang memeriksa surat suara sebelum menuju bilik suara dan selanjutnya melakukan pencoblosan. Bagian akhir dari proses pemungutan suara ini ditutup dengan mencelupkan jari ke tinta suara sebagai tanda yang bersangkutan telah menggunakan hak pilihnya.

Proses pilkaos ini berlangsung semarak karena animo siswa yang tinggi untuk ikut berpartisipasi. Para guru pun terlihat 'berjibaku' di TPS untuk mengarahkan siswa menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar.

Siti Zubaidah Siregar, Kepala SMPN 1 Sibolga

Kepala SMPN 1 Sibolga, Siti Zubaidah Siregar kepada media menjelaskan bahwa pilkaos yang berlangsung hari ini adalah dalam rangka memilih ketua OSIS baru SMPN 1 Sibolga periode 2022-2023. Sebelumnya, beberapa tahapan pilkaos sudah dilaksanakan seperti sosialisasi pilkaos, penjaringan calon ketua OSIS hingga kampanye para kandidat. 

Mekanisme pemilihan ketua OSIS yang penyelenggaraannya mengadopsi sistem pemilihan umum di Indonesia adalah bagian dari proses pendidikan politik sejak dini bagi siswa berdasarkan kurikulum Merdeka yang berlaku sejak tahun ajaran 2022-2023.

Pada kurikulum ini siswa diberikan pemahaman aksi nyata P5 yaitu Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang salah satu temanya adalah Suara Demokrasi

"Jadi, pilkaos yang berlangsung saat ini adalah bagian dari perwujudan suara demokrasi pada aksi nyata P5 kurikulum Merdeka," jelas Siti.

Masih kata Siti. Melalui tema Suara Demokrasi ini, siswa diharapkan mendapatkan pemahaman yang baik terkait sistem demokrasi yang berlaku di Indonesia. Selama 4 bulan terakhir siswa telah diberikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip demokrasi yang baik. Sehingga asas musyawarah mufakat yang menjadi semangat dan jiwa berdemokrasi di Indonesia tertanamkan dengan baik.

"Insya Allah, mereka sudah paham esensi dari perbedaan pendapat, kebinekaan dan toleransi. Dan itu mereka tuangkan dalam satu proses yang demokratis pula yaitu pilkaos SMPN 1 Sibolga," ujar Siti 

Siti menambahkan selain tema Suara Demokrasi pada aksi nyata P5 kurikulum Merdeka juga diajarkan dua tema lagi yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan dan tema Kearifan Lokal.

"Pilkaos ini adalah rangkaian akhir dari proses pembelajaran suara demokrasi dan setelah ini siswa akan masuk pada tema berikutnya yaitu gaya hidup berkelanjutan," pungkas Siti.

Hingga berita ini dikabarkan pemungutan suara masih berlangsung dengan pendampingan yang ketat dari para guru pembimbing.

Posting Komentar

0 Komentar