Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Serahkan Bantuan Rp350 Juta, Komisi VIII DPR RI dan BNPB Turun ke Lokasi Gempa Taput

Anggota Komisi VIII DPR RI Hj.Delmeria Sikumbang menyerahkan bantuan logistik tanggap darurat bencana kepada Bupati Taput Nikson Nababan disaksikan Deputi Penanganan Tanggap Darurat Bencana BNPB Pusat Mayjen TNI Fajar Setyawan

Tarutung - Anggota Komisi VIII DPR RI, Hj Delmeria Sikumbang bersama-sama dengan Deputi Bidang Penanganan Tanggap Darurat Bencana BNPB Pusat, Mayjend TNI Fajar Setyawan meninjau langsung posko bencana alam TNI Polri di Kota Tarutung, Minggu (2/10/2022)

Bersama rombongan turut hadir Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Danrem 023/KS Kol Inf Dodi Triwinarto dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan. 

Di Posko Bencana Alam TNI-Polri kantor Bupati Taput ini, Hj Delmeria dan Deputi BNPB Pusat menyerahkan bantuan tanggap darurat bencana senilai Rp350 juta masing-masing Rp100 juta untuk logistik dan Rp250 juta untuk dana siap pakai.

Dikesempatan tersebut juga dilepaskan bantuan dari posko bersama untuk disalurkan ke sejumlah lokasi.

Dari posko kantor Bupati rombongan meninjau lokasi gempa dan berdialog  dengan warga korban gempa di Desa Huta Tinggi, Kecamatan Parmonangan, Kab.Taput. Bantuan bagi warga terdampak gempa diserahkan langsung oleh rombongan VIP di lokasi ini.

Deputi bidang Penanganan Tanggap Darurat Bencana BNPB Pusat Mayjen Fajar Setyawan didampingi anggota DPR RI Komisi VIII Hj Delmeria, Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Danrem 023/KS Kol Inf Dodi Triwinarto dan Bupati Taput Nikson Nababan memberikan keterangan pers di posko Bencana Alam TNI-Polri

Hj. Delmeria kepada media menerangkan kedatangannya bersama-sama dengan rombongan BNPB Pusat untuk melihat langsung keadaan masyarakat Tapanuli Utara dan sekitarnya pasca gempa Sabtu (1/10) kemarin.

Dirinya juga ingin memastikan bahwa masyarakat yang terdampak langsung gempa tersebut mendapat perhatian serius pemerintah setempat dan tertangani dengan baik. 

"Kita bersyukur, gempa ini tidak berdampak luas. Akan tetapi meskipun demikian warga yang menjadi korban baik meninggal dunia maupun luka-luka harus tetap mendapatkan perhatian dan pelayanan serius dari seluruh stakeholder baik yang di daerah maupun pusat," jelas Delmeria.

Kata Delmeria kembali. Kedatangan rombongan dari Jakarta sebagai pengejawantahan pemerintah pusat adalah bentuk empati dan kepedulian pemerintah terhadap masyarakat Taput.

"Jadi, mereka warga Taput jangan merasa sendirian. Kita (DPR RI) juga merasakan hal yang sama. Dan kita hadir disini untuk merasakan langsung duka yang mereka alami," bebernya.
Mayjen Fajar Setyawan menyerahkan bantuan dana siap pakai tanggap darurat bencana dari BNPB Pusat

Delmeria pun bersimpati dan mengapresiasi gerak cepat Pemkab Taput dalam mengambil langkah-langkah tanggap darurat pasca gempa terjadi. Koordinasi lintas lembaga terjalin dengan baik dan tidak terjadi kesimpangsiuran informasi khususnya terkait data korban dan bangunan fisik yang rusak.

"Sudah on the track ya, dan pak Bupati tadi menjelaskan langkah-langkah yang sudah di ambil. Semuanya baik sekali. Dan kami mengapresiasi gerak cepat Pak Nikson dan jajarannya sehingga masyarakat yang menjadi korban terlayani dengan baik," jelas anggota DPR RI yang pemilu 2019 lalu diusung oleh Partai NasDem.

Terkait bantuan BNPB yang diserahkan hari itu, Delmeria menjelaskan bahwa  bantuan tersebut merupakan bantuan pendahuluan sebagai respon atas kedaruratan yang terjadi. Sebagai bantuan yang sifatnya darurat, nantinya bersama-sama pemerintah Taput, akan dikaji dan dihitung kebutuhan mendasar yang dibutuhkan warga sebagai akibat dari gempa tersebut. 

"Inikan pendataan korban dan kerugian yang muncul akibat gempa ini masih didata dan dihitung oleh Pemkab Taput. Nanti, kalau sudah ada, pasti akan ada recovery dan rekontruksi pasca gempa. Nanti juga tentunya akan dilihat apakah kebutuhan penanganan bencana tersebut cukup dengan menggunakan APBD atau perlu sumber-sumber pendanaan lainnya. Dan nanti insya Allah, akan ada bantuan-bantuan lainnya baik dari pemerintah maupun swadaya banyak pihak," terangnya.
Bersama Deputi BNPB, Kapoldasu, Danrem 023/KS dan Bupati Taput, Hj.Delmeria meninjau Posko Bencana Alam Tapanuli Utara di Komplek Kantor Bupati Taput

Delmeria pun menegaskan akan siap bersinergi dengan pemerintah Tapanuli Utara untuk memperjuangkan di pusat apa yang menjadi kebutuhan warga terdampak gempa tersebut.

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan mengapresiasi gerak cepat anggota Komisi VIII DPR RI Hj Delmeria dan BNPB hadir di Taput sehari pasca gempa. Kehadiran tersebut merupakan wujud nyata bahwa musibah yang terjadi di Taput juga dirasakan oleh pemerintah pusat baik eksekutif maupun legislatif.

Nikson berharap, perhatian tersebut agar tetap diberikan khususnya pada tahap rekontruksi Taput pasca tanggap darurat berakhir nantinya.

"Terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada anggota DPR Komisi VIII yang peduli dan cepat tanggap terhadap penderitaan rakyat yang kena gempa sebagaimana di Kabupaten Tapanuli Utara ini. Semoga ibu tetap sehat, semangat bekerja membantu rakyat dan pemerintah daerah," pungkasnya.

Sebelumnya, pada Sabtu dini hari (1/10) Kab. Taput digoncang gempa magnitudo 6,0 pada pukul 02.28.41 WIB. 1 orang dinyatakan meninggal dunia, 125 korban luka dan 130 bangunan rusak. Pemkab Taput terus melakukan pendataan korban dan kerusakan yang diakibatkan oleh gempa yang berpusat di 2.13 BT dan 98.89 LU, 15 km arah Barat Laut Taput, dengan kedalaman 10 km. Oleh BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Posting Komentar

0 Komentar