Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Pelabuhan Lama Menjadi Objek Wisata Favorit Warga Sibolga Liburan Tahun Baru 2023

Pelabuhan Lama Sibolga 

Kota Sibolga - Ribuan warga Sibolga memadati objek wisata Pelabuhan Lama, di komplek Kota Tua Sibolga, Kelurahan Kota Baringin, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga, pada Minggu (1/1/2023)

Objek wisata unggulan Pemkot Sibolga tersebut mulai di padati warga sejak Minggu sore. Meskipun Pelabuhan Lama belum dilengkapi oleh fasilitas layaknya sarana hiburan dan berlibur warga, namun animo warga untuk berkunjung cukup tinggi.

Dermaga terapung dan taman yang dilengkapi air mancur menjadi wahana favorit warga untuk berswafoto atau selfi. Sayangnya, sejak siang hingga menjelang senja, air mancur tersebut tidak dinyalakan oleh pengelola.

Marwan (34) warga Pandan, kepada media mengaku datang ke Pelabuhan Lama untuk mengobati rasa penasarannya pasca pelabuhan pertama di Sibolga tersebut rampung di revitalisasi. Datang bersama istri dan dua anaknya, Marwan menuturkan Pelabuhan Lama sudah banyak berubah.

"Udah lihat-lihat juga di fecebook, Bang. Jadi, penasaran. Baru ini bisa langsung ke sini," ungkap pria yang mengaku berprofesi sebagai nelayan tersebut.

Hal senada juga diungkapkan oleh Maimunah (28), warga Sibolga Selatan. Wanita paruh baya ini mengungkapkan jika dirinya kerap mendatangi pelabuhan lama, bahkan sejak sebelum di renovasi besar-besaran. Bersama tiga teman sekampungnya, Maimunah mengaku senang melihat kondisi Pelabuhan Lama saat ini. 

"Kalau tahun lalu kami libur tahun barunya ke Pandan, Pak. Sekarang ke sini (Pelabuhan Lama-red)," akunya.

"Mumpung masuknya masih gratis, jadi dimanfaatkan," kelarkarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sibolga, Marudut Situmorang, AP, MSP mengatakan pasca dilakukan grand opening oleh Walikota Sibolga pada Senin (26/12/2022) lalu, objek wisata Pelabuhan Lama selalu ramai dikunjungi warga masyarakat, terkhusus Tahun Baru 2023.

Meski telah dibuka sementara hingga Selasa (3/1/2023) yang akan datang, BPBD Kota Sibolga yang tergabung dalam pos pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023, meminta warga untuk berhati-hati selama berkunjung ke objek-objek wisata di Sibolga khususnya Pelabuhan Lama.

BPBD Kota Sibolga bersama Polres Sibolga, Kodim 0211 Tapanuli Tengah, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Sibolga akan memberikan pengamanan terbaiknya hingga libur akhir tahun dapat dinikmati oleh warga masyarakat dengan baik.

"Jadi, Kami akan pantau terus lokasi Pelabuhan Lama ini khususnya para pengunjung dalam memanfaatkan setiap layanan dan fasilitas yang ada. Kita ingin, kehadiran BPBD dan tim lainnya di pos pengamanan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat sehingga mereka dapat dengan leluasa menikmati hari libur tahun barunya," kata Marudut, di Pelabuhan Lama Sibolga, Minggu (1/1/2022) 

Marudut menjelaskan, meskipun telah di buka pada Senin, 26 Desember 2022 lalu, namun Pembenahan Pelabuhan Lama masih berlangsung. Ia pun meminta agar pengunjung dapat menjaga setiap fasilitas yang ada dan berhati-hati saat berada di pinggir pantai dan dermaga terapung yang tersedia.

"Semua fasilitas ini masih baru. Dan tentu rawan dirusak oleh tangan-tangan jahil. Untuk itu, sama-sama kita jaga dan kita rawat, biar makin mantap," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar