Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

KPw BI Sibolga Siapkan Rp1,9 T untuk Warga yang Butuh Uang Pecahan Jelang Idul Fitri 1444 H

Walikota Sibolga Jamaluddin Pohan bersama Kepala KPw BI Sibolga 

Kota Sibolga - KPw Bank Indonesia Sibolga secara resmi meluncurkan program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) tahun 2023, di Graha Aulia Bank Indonesia Sibolga, pada Selasa (28/3/2023).

Serambi 2023 merupakan program layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) untuk masyarakat selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1444 H. Program ini berlangsung sejak tanggal 28 Maret hingga 20 April 2023. 

Kepala KPw Bank Indonesia Sibolga, Yuliansah Andrias mengatakan, sebanyak 83 titik layanan penukaran di bank tersebar di wilayah kerja BI Sibolga. 

Bank Indonesia menyiapkan Rp1,9 triliun uang tunai baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Angka ini meningkat 6% dari tahun sebelumnya. 

"Kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status pelonggaran PPKM oleh pemerintah dan juga ada faktor pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik yang dipengaruhi oleh peningkatan mobilisasi masyarakat," terang Yuliansah di Sibolga.

Selain dari 83 titik layanan penukaran di perbankan tersebut, BI Sibolga bekerjasama dengan 10 bank wilayah Kota Sibolga dan Kota Padangsidempuan akan melakukan layanan penukaran uang ditempat-tempat terbuka seperti di pusat-pusat keramaian atau alun-alun kota.

Yuliansah merincikan, layanan penukaran uang di ruang terbuka tersebut dilaksanakan di beberapa tempat, diantaranya; di pelataran parkir Masjid Agung Sibolga pada 28-31 Maret 2023, mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB serta di Pelataran ATC Mall Kota Padangsidempuan pada 10-14 April 2023.

"Untuk kegiatan bersam itu. kita (BI dan 10 bank lainnya) menyediakan modal kerja berupa Uang Pecahan Kecil (UPK) sebesar Rp26 milyar, terdiri dari uang pecahan Rp1000 sampai dengan Rp20.000," ujarnya.

Masih kata Yuliansah. Khusus untuk penukaran uang bersama, masyarakat diharapkan memesan terlebih dahulu melalui aplikasi Pintar BI. Penukaran uang melalui aplikasi ini akan diganjar souvenir menarik untuk 100 pendaftar pertama setiap harinya.

"Jadi harapan kita, melalui layanan penukaran uang rupiah ini, masyarakat tidak lagi menukarkan uangnya kepada tempat-tempat yang tidak resmi, yang bisa saja dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk mengedarkan uang palsu. Jadi, silahkan tukarkan uangnya di tempat-tempat resmi, dan pergunakan uang tersebut untuk belanja sesuai kebutuhan bukan berdasarkan keinginan," imbuhnya.

Khusus untuk penukaran uang berbasis aplikasi, BI menyediakan paket penukaran senilai Rp3.800.000 perorangnya dengan denominasi pecahan yang berbeda.

Bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang melalui aplikasi ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Kunjungi link penukaran uang baru buat lebaran 2023 di http://pintar.bi.go.id
  2. Selanjutnya, pilih menu "Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling" yang berada di halaman awal situs.
  3. Pilih provinsi lokasi penukaran uang baru pada mobil kas keliling yang diinginkan.
  4. Akan muncul daftar lokasi dan tanggal yang tersedia.
  5. Pilih lokasi dan tanggal penukaran uang sesuai kebutuhan.
  6. Isi data pemesanan, yang meliputi NIK KTP, nama lengkap, nomor telepon dan alamat email.
  7. Isi jumlah lembar atau keping uang rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling, dan akan diberi bukti pemesanan.
  8. Bawa bukti pemesanan tersebut ke petugas kas keliling saat melakukan penukaran uang buat lebaran 2023, sesuai dengan lokasi dan waktu yang dipilih.-SW25-

Posting Komentar

0 Komentar