Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Tahun Ini Buya Syarfi dan Delmeria Tunaikan Haji Bersama, Keluarga dan Famili Berikan Upah-Upah

Upah-upah kepada Buya Syarfi dan Hj Delmeria atas niat keduanya menunaikan ibadah haji tahun 1445 H/ 2024 M

SORKAM - Ketua Umum PP PERTI, Buya Dr. H. Syarfi Hutauruk dan istri Dra. Hj. Delmeria Sikumbang, pulang ke kampung halaman di Desa Binasi, Kecamatan Sorkam, Kab. Tapanuli Tengah, pada Rabu (8/5/2024).


Ini merupakan pulang kampung pertama pasca pemilu 2024.

Pulang kampung kali ini dalam  rangka berziarah ke makam kedua orangtua Buya Syarfi di Desa Binasi.

Menariknya, mengetahui Buya Syarfi pulang kampung, keluarga besar H.M. Syarfi Hutauruk dan sanak family yang berada di Sorkam, secara spontan melaksanakan upah-upah (doa selamat).

Hal ini karena pada musim haji tahun ini (1445 H/ 2024 M), keduanya akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah Al Mukarramah.

Buya Dr. H. Syarfi Hutauruk dan Istri Dra. Hj. Delmeria Sikumbang menerima upah-upah dari keluarga besar dan sanak famili di Sorkam,Tapteng

Upah-upah tersebut dilakukan oleh kakak beradik dari Buya Syarfi diantaranya Ratnawati br. Hutauruk atau yang kerap di sapa kakak Butet, Khusriati br. Hutauruk dan H. Ali Subur Hutauruk.

Upah-upah sendiri merupakan tradisi masyarakat pesisir Sorkam,Tapteng, yang kerap diberikan kepada anggtoa keluarga yang melakukan niat baik seperti haji, pernikahan, mendapat jabatan atau selamat dari cobaan seperti bencana.

Upah-upah juga sebagai simbol doa dan rasa syukur atas nikmat Allah yang diterima oleh individu, keluarga atau lingkungan.

Buya Syarfi sendiri mengaku terharu menerima upah-upah dari keluarga besarnya. Buya mengaku, kepulangannya ke kampung halaman semata-mata ingin berziarah ke makan orangtua karena akan menunaikan ibadah haji.

"Namun, sampai disini sanak famili ternyata memberikan kami upah-upah. Ini merupakan kehormatan dan saya ucapkan terimaksih yang sebesr-besarnya," kata Buya Syarfi.

Walikota Sibolga periode 2010-2015 dan 2016-2021 ini membenarkan bahwa pada tahun ini, ia dan istri akan menunaikan ibadah haji.

Buya H. Syarfi Hutauruk bersama tokoh agama setempat saat berziarah ke makam kedua orangtuanya di Desa Binasi, Sorkam, Tapteng


Meskipun keduanya telah beberapa kali berhaji, namun untuk musim haji tahun ini menjadi istimewah karena untuk kali pertama bagi keduanya melaksanakannya secara bersama-sama.

"Dulu, baik saya maupun ibu sudah sama-sama pernah menunaikan haji. Tapi, dulu waktu saya naik haji, ibu Delmeria tidak turut serta mendampingi, demikian pula saat ibu Delmeria yang naik haji, giliran saya yang tidak bisa mendampingi, karena harus menjaga anak-anak," ungkap Buya Syarfi.

Namun, lanjut Buya. Kini, anak-anak sudah besar. Dan panggilan menunaikan haji kembali datang. Momen itu pun dimanfaatkan keduanya untuk haji bersama.

"Alhamdulillah, insya Allah, tahun ini kami bisa menunaikan haji bersama-sama," ujarnya.

Buya Syarfi pun berharap doa baik dari keluarga maupun masyarakat Sibolga dan Tapanuli Tengah, agar dalam pelaksanaan haji tahun ini, semua dipermudah oleh Allah dan sehat berangkat dan kembalinya ke tanah air.

"Mohon doa dari kita semua khususnya keluarga dan masyarakat Sibolga dan Tapteng, mudah-mudahan perjalan haji kami tahun ini,menjadi haji yang mabrur-mabrurah, lancar dan sehat wal afiat baik berangkatnya maupun saat kembali ke tanah air," pintanya.

Posting Komentar

0 Komentar